Unit Perpustakaan Terpadu

Ka Unit Perpustakaan Terpadu :
Andan Dewi Murni, A.Md

V I S I

“Menjadi Perpustakaan pendidikan tinggi kesehatan berbasis IT yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan berwawasan global di tahun 2024”

M I S I
Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kaltim menetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Menyediakan koleksi bahan ajar yang sesuai kurikulum.
  2. Menyediakan koleksi yang dapat membentuk karakter civitas akademik.
  3. Menyediakan referensi bagi civitas akademika dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Membangun kerjasama dengan perpustakaan-perpustakaan yang berkaitan dengan institusi.

TUJUAN

Perpustakaan Perguruan Tinggi tentunya bertujuan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menaunginya. Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kaltim memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Memberikan layanan informasi melalui penyediaan koleksi yang berkualitas menuju terbentuknya lulusan yang mempunyai daya saing dengan berfokus pada pengembangan karakter tangguh, peduli, jujur dan cerdas;
  2. Meningkatkan kualitas penelusuran informasi dan pemanfaatan sumber referensi ilmiah dalam penyebaran informasi kepada pemustaka;
  3. Mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  4. Menyediakan ruang bagi pemustaka dalam menjelajah informasi di perpustakaan, baik secara fisik maupun melalui jaringan.

Sebagai unit penunjang, Perpustakaan berada di luar lingkup Jurusan. Perpustakaan yang dikepalai seorang Kepala Unit Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan (dalam hal ini Direktur) melalui Wakil Direktur 3. Sedangkan dalam lingkupnya, perpustakaan melaksanakan tujuan dan fungsinya sehari-hari dengan didukung oleh sumber daya manusia yang sesuai dengan kualifikasinya.

Ruangan

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kaltim merupakan Perpustakaan Terpadu dikarenakan posisi tempat pembelajaran berada di tiga kampus. Kampus A berada di Kota Samarinda dan terdiri atas gedung Direktorat, Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, Jurusan Gizi dan Dietetika serta Jurusan Promosi Kesehatan. Perpustakaan di kampus A terletak di gedung Direktorat lantai tiga.
Kampus B masih berada di Kota Samarinda, terdapat Jurusan Keperawatan dan Jurusan Kebidanan. Di kampus ini awal mula Poltekkes Kemenkes Kaltim yang bermula dari SPK. Perpustakaan di kampus B terletak berdampingan dengan Unit Laboratorium dan berada dekat dengan ruang belajar Jurusan Keperawatan.
Kampus C terletak di Kota Balikpapan yang memiliki Jurusan Keperawatan dan Kebidanan. Gedung Poltekkes yang berada di Balikpapan termasuk gedung baru yang letaknya bersebelahan dengan Rumah Sakit Kanudjoso. Ruangan perpustakaan di kampus C terletak di lantai tiga berdekatan dengan ruang pembelajaran.

Jadwal Pelayanan
Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kaltim melayani pengunjung perpustakaan setiap hari kerja.
Senin – Kamis Pukul 08.00 – 16.00 WITA (Istirahat Pukul 12.00 – 13.00 WITA)
Jum’at Pukul 08.00 – 16.30 WITA (Istirahat Pukul 12.00 – 13.30 WITA)
Pada hari Sabtu dan Minggu serta hari besar nasional pelayanan perpustakaan tutup.