TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS

Program Studi
D-III Teknologi Laboratorium Medis

V I S I
“Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga Teknologi Laboratorium Medis yang berkualitas, unggul di bidang mikrobiologi Kesehatan, berdaya saing di tingkat nasional dan berwawasan global pada tahun 2024”
M I S I
  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga teknologi laboratorium medis yang unggul dibidang mikrobiologi kesehatan dan berdaya saing di tingkat nasional dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan karya ilmiah melalui penelitian yang berorientasi pada bidang teknologi laboratorium medis
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang teknologi laboratorium medis yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor dalam menunjang pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,berahlak mulia, kreatif, mandiri,danberbudaya serta mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi tertentu dalam menjalankan peran sebagai Sarjana Terapan Gizi.
  2. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang bermutu sesuai kebutuhan pelayanan gizi.
  3. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang mampu berperan sebagai edukator dan konselorgizi.
  4. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang mampu memanfaatkan teknologi informasi.
  5. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang mampu melakukan penelitian terapan di bidang gizi masyarakat,gizi klinikdandietetik,dangizi institusi.
  6. Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang dapat mengaplikasikan ilmu di bidang gizi sesuai kebutuhan masyarakat dalam upaya mengatasi masalah gizi.
Profil Lulusan
Pendidikan Sarjana Terapan Gizi melaksanakan kegiatan pendidikan yang menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Gizi sebagai Pengelola Program Gizi Masyarakat, Pengelola Pelayanan Gizi Klinik/Dietetik, Pengelola Penyelenggara Makanan Institusi, Edukator dan Konselor Gizi, Pengusaha (entrepreneur), Quality Controller (QC) serta Peneliti Gizi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, kreatif, mandiri, mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi tertentu, dan berbudaya dalam menjalankan perannya secara profesional di bidang gizi.1. Pengelola Program Gizi Masyarakat
2. Pengelola Pelayanan Gizi Klinik dan Dietetik
3. Pengelola Penyelenggaraan Makanan Institusi (Food Services Manager)
4. Edukator dan Konselor Gizi (Nutrition Educator and Councelor)
5. Pengusaha (entrepreneur)
6. Quality Controller (QC)
7. Asisten Peneliti Terapan (Applied Researcher Assistant)

Peluang Karir

Berbagai peluang lapangan pekerjaan terbuka luas bagi lulusan Teknologi Laboratorium Medis. Di lingkungan pemerintahan untuk penempatan di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Lab. Kesehatan Daerah, Balai Pengawasan Obat & Makanan, Bapedalda dan Puskesmas. Begitu pula dengan di sector swasta, klinik swasta, lab. swasta, dan perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa kualiti manajemen.

Pendidikan Lanjut

Sebagai Ahli MadyaTeknologi Laboratorium Medis, lulusannya dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi yakni ke Strata 1 pada program studi/fakultas kesehatan masyarakat.

Fasilitas

  1. Laboratorium Kimia
  2. Laboratorium Kimia Klinik
  3. Laboratorium Hematologi
  4. Laboratorium Parasitologi
  5. Laboratorium Bakteriologi
  6. Laboratorium Imunoogi
Kerjasama
  1. RSUD. A. Wahab Sjahranie Prov. Kalimantan Timur
  2. Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur
Alamat
Samarinda : Jl. Kurnia Makmur No. 64 Telp. 738153 RT 24 Kel Harapan Baru Kec Loa Janan Ilir