Capping Day

Upacara Kepaniteraan (capping day) dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2013 untuk kelas Prodi DIII Keperawatan dan Prodi DIII Kebidanan Samarinda sedangkan untuk prodi kebidanan balikpapan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2013.

Upacara kepaniteraan yang ditandai ucap janji dianggap kegiatan rutinitas, menjelang praktik laboratorium klinik bagi mahasiswa dan merupakan momentum yang sangat penting dan bersejarah dalam kehidupan berprofessi sebagai calon Perawat dan  Bidan.

Upacara Kepeniteraan yang dilaksanakan memiliki makna yang multidimensial. Maksudnya adalah, setelah kegiatan ini, maka akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara terintegrasi dan simultan dari berbagai unsur, yaitu :

1.         Mahasiswa

Mahasiswa hendaknya telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan berbagai kegiatan praktik dalam rangka pencapaian sejumlah kompetensi, dengan secara langsung berinteraksi dengan masyarakat, dalam hal ini, pasien dan keluarganya dan professi dari disiplin ilmu yang lain,  di bawah supervisi dari para instruktur klinik dan pembimbing institusi.

2.         Pembimbing Institusi dan Instruktur Klinik

Para pembimbing dan instruktur klinik akan terus melakukan pendampingan bagi para mahasiswa, melalui, program pembelajaran klinik, yang komprehensip dan terukur, sesuai dengan pencapaian kompetensi dalam kurikulum yang ada.

3.         Lahan praktik 

Rumah Sakit atau unit-unit pelayanan kesehatan lainnya, yang akan dijadikan laboratorium praktik klinik mahasiswa, tentu memiliki norma, prosedur tata kelola dan standar yang sangat beragam.

4.         Pemerintah

Berharap kiranya, pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, dapat memfasilitasi disusunnya suatu regulasi yang dapat memberikan jaminan perlindungan bagi mahasiswa, instruktur klinik dan juga pasien dan keluarga. Mengingat pembelajaran sudah berhubungan langsung dengan manusia, yang sangat rentan dan berisiko dengan keamanan dan keselamatan pasien.

You may also like...