Analisis Faktor-Faktor Motivasi Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Praktik Klinik III Dengan Hasil Belajar Kompetensi Asuhan Persalinan Normal Pada Mahasiswa semester VI di Prodi D-III Kebidanan Balikpapan Poltekkes Kemenkes Kaltim Tahun 2012

ABSTRAK

Pada kegiatan belajar, motivasi sangatlah diperlukan untuk mendorong seseorang berminat, mempunyai tujuan, dan harapan yang tinggi dalam belajar. Selain motivasi intrinsik motivasi ekstrinsik juga sangat diperlukan. Motivasi ekstrinsik salah satunya dari kualitas dosen dan dari lingkungan. Selama pelaksanaan PKK III belum pernah di evaluasi teknik para dosen mapun pembimbing di lahan paraktek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi ekstrinsik dari kualitas dosen: berdasarkan metode, media, suara, perhatian reward dan membantu kesulitan belajar dan dari lingkungan berdasarkan sarana prasarana, kenyamanan lingkungan, peran teman dan peran orang tua dengan hasil belajar kompetensi APN dalam PKK III pada mahasiswa semester VI Prodi D-III Kebidanan Balikpapan.

Metode penelitian yang digunakan desain deskriftif analitik dan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilaksanakan diProdi D-III Kebidanan Balikpapan. Populasi penelitian seluruh mahasiswa semester VI berjumlah 78 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisa Data menggunakan Chi square ( ) untuk bivariat dan multivariat analisis Regresi Logistik dan Regresi Linear Sederhana dengan taraf signifikan α  5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai APN untuk kelas reguler lebih tingggi dibandingkan Kelas Ekstensi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan motivasi ekstrinsik dari kualitas dosen berdasarkan media, dengan hasil belajar kompetensi APN p= value: 0,025 < α 0,05., reward p value: 0,040 < α 0,05 dan membantu kesulitan belajar belajar p value: 0,046 < α 0,05. Belajar. serat juga ada hubungan yang bermakna dari lingkungan berdasarkan teman dengan hasil belajar kompetensi APN p value: 0,011 < α 0,05.

Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara motivasi ekstrinsik dari kualitas dosen berdasarkan media, reward, dan membantu kesulitan belajar dengan hasil belajar kompetensi APN. Dan ada hubungan yang bermakna antara motivasi ekstrinsik dari lingkungan berdasarkan peran teman dengan hasil belajar kompetensi APN dalam PKK III. Saran bagi Prodi D-III Kebidanan Balikpapan melakukan evaluasi bukan hanya terhadap pelaksanaan PKK III, tetapi evaluasi pre klinik. Para tenaga pengajar lebih meningkatkan pengajaran di laboratorium, dengan  teknik bimbingan mentor preseptor, sehingga lebih mengefektifkan pembelajaran. Para Pembimbing di lahan praktek dapat meningkatkan bimbingan dan pengarahan. Mahasiswa disarankan lebih bukan hanya meningkatkan skill tetapi juga soft skill serta peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan desain yang berbeda dan jumlah sampel yang lebih banyak..

 

(Download, abstrak)

You may also like...